Rabu, 31 Juli 2019

CARA MELAKUKAN TEKNIK PANNING SHOT

TUTORIAL TEKNIK PANNING
1. Setting Pencahayaan di TV/SSetting mode pencahayaan di TV pada kamera. Pilihlah kecepatan rendah misal : 1/8, 1/15, 1/30 ,1/ 60. Semakin cepat subjek bergerak kecepatan shuttrer speed bisa ditambah. Jika subjeknya kurang tajam tingkatkan kecepatan shutternya.
2. Pilih Latar Belakang usahakan yang berwarna warniLatar belakang berwarna warni akan menghasilkan efek gerak yang lebih bagus karena ada gradasi warna.

3. Ikuti gerakan SubjekArahkan kamera dan sesuaikan kecepatan gerakan kamera dengan gerakan objek yang difoto. Ikuti kamera dari awal gerakan sambil menekan tombol setengah. Setelah mendapat gerakan seirama antara gerakan subjek dengan kamera, tekan tombol penuh untuk melakukan pemotretan.  Lakukan gerakan dengan stabil. Jangan melakukan gerakan yang berbeda misalnya naik turun saat menggerakan kamera.

4. Gunakan Fokus Manual
Perkirakan subjek akan bergerak di area mana. Kita bisa ,membuat focus secara auto , setelah terkunci, pindahkan ke MF atau manual focus, jadi lensa tidak bergerak fokusnya saat melakukan gerakan panning.

5. Beri Ruang pada Latar Belakang
Perhatikan komposisi antara subjek dengan latar belakang. Perkirakan ruangan atau frame latar belakang, jangan terlalu ketat sehingga efeknya menjadi kurang terlihat

6. Gunakan ISO Rendah
ISO yang rendah memungkinkan menggunakan kecepatan rendah terutama pada saat matahari terang benderang.

0 komentar:

Posting Komentar